Menyambut Awal Tahun Dengan Tema Perkuliahan Muffin, Quick Bread Dan Cupcake Di Kelas Patiseri



Menyambut Awal Tahun Dengan Tema Perkuliahan Muffin, Quick Bread Dan Cupcake Di Kelas Patiseri
Senin 15 Januari 2018, mengawali tahun perkuliahan, mahasiswa S1 teknologi pangan mendapati mata kuliah pastry yang bertemakan aneka muffin, quick bread dan cupcake. Kelas yang memiliki 15 mahasiswa ini diberikan materi perkuliahan tentang pengetahuan bahan dan dasar cake oleh chef Laurentia Vivi S.Pd. M.Mpar selaku dosen pembimbing dan Felicia sebagai asisten dosen di Kelas patiseri.

Chef Vivi memberikan teori pada mahasiswa
Dalam Kelas patiseri, Mahasiswa dituntut untuk bisa mengatur waktu mulai dari mempersiapkan bahan hingga menghias cake tersebut. Dengan begitu waktu tidak terbuang sia-sia serta produk uang dihasilkan baik. “sebelum mempraktikan resep cupcake, oven pemanggang harus sudah dipanaskan terlebih dahulu. Agar adonan yang sudah siap segera dapat dipanggang tanpa menunggu waktu lama” terang chef Vivi. 
Mahasiswa mempraktikan materi dihari pertama
Tak lama setelah penjelasan materi oleh chef Vivi, mahasiswa pun segera mempraktikan resep yang sudah diberikan. Kelas yang terdiri dari 15 mahasiswa ini dibagi menjadi 4 kelompok tiap jenis cupcake nya. Serta mereka mengerjakannya selama 5 hari lamanya dengan jenis cupcake yang berbeda. “hari pertama kita akan membuat jenis cupcake kukus dan panggang dengan menggunakan metode pengocokan buttercake” jelas chef vivi.
Memotong keju cheddar untuk isian muffin


Materi hari pertama  mahasiswa diberikan resep cupcake jenis muffin. Tidak   melulu, muffin pun dapat diberikan aneka rasa seperti red velvet muffin, banana muffin dan cheese muffin. Aroma pisang langsung tercium saat salah satu kelompok memanggang banana muffin. Terlebih lagi ketika banana cupcake dikeluarkan dari oven, membuat para mahasiswa tak sabar untuk mencicipinya.


Resep cupcake yang diberikan pada hari kedua dan ketiga diantaranya adalah vanilla cupcake, green tea cupcake, steam chocolate, chocolate fudge, killer muffin, blueberry cupcake, corn cheese cupcake dan mocca almond cupcake. Mereka juga diajarkan caranya menghias cupcake dengan butter cream, ganache atau permen yang berwarna-warni. 
Chef Vivi membantu salah satu mahasiswanya

Penampakan Banana cake setelah dikeluarkan dari loyang 

Mix fruit quick bread

Savoury muffin dan cupcake quick bread
Giliran jenis cupcake quick bread dipraktikan oleh mahasiswa  S1 Teknologi pangan dihari keempat dan kelima. Salah satu nya adalah date nut bread, English cake, banana bread, strussel strawberry muffin, raisin spice muffin, choco chip muffin dan savoury muffin.
 
Chocolate mint muffin


Red velvet muffin

Chocolate fudge cupcake

Steam choco cupcake

Green tea cupcake

Killer muffin

Blueberry muffin

Corn cheese muffin

Banana bread

Date nut bread

English cake

Mix fruit quick bread

Strussel strawberry muffin

Mocca muffin

Savoury muffin

Raisin spice muffin

Mahasiswa S1 Tek.Pan bersama chef Vivi dan asisten dosen Felicia

 
“materi yang diajarkan oleh chef Vivi sangat mudah dipahami dan dipraktikan. Selain itu, kami juga sudah menerima teori dasar seputar cake diperkuliahan sebelumnya jadi kami lebih cepat memahami teori yang diberikan oleh chef Vivi” ujar Risman Sumantri salah satu mahasiswa S1 teknologi pangan. *Selv

Komentar