Lezatnya Masakan Eropa ala Chef Aryo



Lezatnya Masakan Eropa ala Chef Aryo
  


Masakan Eropa begitu terkenal dengan cita rasa yang tidak terlalu tajam dan beraroma khas bumbu Eropa seperti oregano, thyme, rose mary dan masih banyak lagi. Tak heran masakan Eropa menjadi salah satu menu laris yang selalu dipesan oleh konsumen saat di sebuah Restoran maupun Kafe. Meskipun hidangan ala Eropa terlihat simple dan tidak banyak ‘pernak-pernik’, tetapi untuk mencoba memasaknya butuh teknik yang pas agar menghasilkan tekstur dan rasa enak.  Semua kesulitan tersebut dapat terjawab di cooking class Tristar Institute Surabaya.

Pengenalan bahan oleh chef Aryo
Tepat pukul 10.00 WIB, acara cooking class dimulai di lantai 2 Gedung Tristar Institut Surabaya. materi yang di berikan merupakan menu yang populer dan selalu ada didaftar menu restoran maupun kafe yaitu beef stroganoff, potatoes soup dan chicken cordon bleu. Peserta dikenalkan pula bahan apa saja yang dibutuhkan serta teknik potongan bahan utamanya oleh Chef Masaryo Wahyu Saputro S.K.G.
Pembuatan demiglace sauce
Chef Aryo mempraktikan demiglace sauce

Dengan begitu, peserta dapat mengetahui teknik yang benar dan menghasilkan produk yang baik. Materi pertama yang dipraktikkan adalah demiglace sauce yang terbuat dari rebusan tulang sapi, sayur-sayuran dan aneka rempah Eropa. Diproses sedemikian rupa hingga menghasilkan saus yang kental dan gurih. Demiglace sauce merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam proses pembuatan beef stroganoff. 
Pembuatan beef stroganoff
Spageti sebagai pelengkap beef stroganoff
Sambil membuat demiglace sauce, peserta juga ikut membantu memotong daging sapi untuk resep beef stroganoff. Pembuatan resep ini cukup mudah hanya saja membutuhkan waktu pemasakan yang agak lama agar bumbu dan saus menyerap hingga kedalam. “memasak beef stroganoff membutuhkan waktu minimal 15 menit proses simmering nya dengan api kecil. Pemberian krim kental ditambahkan diakhir pemasakan” terang chef Aryo.
Step by step chicken cordon bleu
Materi dilanjutkan dengan membuat resep chicken cordon bleu. Resep yang terbuat dari fillet ayam yang dibelah menjadi 2 bagian tanpa putus kemudian diisi dengan smoked beef dan keju cheddar. Digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan sehingga lembut didalam dan cruncy diluar. Peserta begitu antusias mengikuti materi yang diberikan oleh chef Aryo.
potatoes soup

Berbeda dengan potatoes soup, yang proses pembuatanya lebih lama dibandingkan dengan chicken cordon bleu. semua bahan direbus terkecuali krim kental karena krim akan pecah jika dimasak terlalu lama dengan api besar. kemudian soup yang telah masak dihaluskan dengan cara diblender hingga halus.
Spaggheti with beef stroganoff

Chicken cordon bleu

Potatoes soup
Acara cooking class diakhiri dengan peserta mencicipi semua hasil masakan yang sudah dihidangkan. “saya senang sekali dengan mengikuti cooking class aneka masakan Eropa ini. Rasa semua masakannya juga enak seperti masakan ala restoran” ujar peserta cooking class.*Selv


Komentar