Cooking Class Aneka Olahan Ayam Ala Tristar Institute Surabaya




Cooking Class Aneka Olahan Ayam Ala Tristar Institute Surabaya

Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang paling banyak diminati  saat ini. Selain kafe kekinian, warung makan sekarang pun tak kalah ‘ngehits’ dengan menu dan tampilan yang baru seperti olahan dari ayam. Ayam adalah bahan makanan yang sering diminati dan dicari oleh konsumen apalagi ayam goreng yang memiliki tekstur garing diluar tetapi lembut didalam.  Seperti tema cooking class yang diadakan di Tristar Institute Surabaya “ aneka olahan ayam untuk usaha kuliner” bersama chef Ari Purwantoro S.St.Par, M.M.

Pengetahuan bahan oleh chef Ari

Pembuatan ayam goreng tulang lunak


Cooking class yang dihadiri oleh 9 peserta dari berbagai kota ini dilaksanakan pada hari Sabtu 6 Januari 2018 dan materi resep yang diberikan antara lain ayam goreng tulang lunak, ayam goreng kremes dan ayam goreng  krispi. Tepat pukul 10.30 WIB acara dimulai  oleh chef Ari dengan materi yang diajarkan adalah cara membuat ayam goreng tulang lunak. “ ayam yang digunakan untuk membuat ayam goreng tulang lunak adalah ayam broiler tua. ayam jenis ini lebih murah dibandingkan jika menggunakan ayam kampung”  terang chef Ari.

Panci presto untuk usaha besar dan rumahan
Alat yang digunakan untuk melunakan ayam goreng tulang lunak adalah panci presto. Panci presto yang dipakai dalam kelas ini adalah jenis panci presto ukuran besar untuk usaha besar . Keunggulan panci presto ini dapat melunakan ayam lebih cepat dibandingkan panci presto biasanya.  Dengan begitu peserta dapat memilih alat apa saja yang cocok untuk usaha kuliner kedepannya.

Pembuatan ayam goreng kremes

Salah satu peserta mencoba membuat kremesan ayam goreng
Dilanjutkan dengan materi ayam goreng kremes yang sering disebut memiliki teknik cukup rumit oleh para peserta. “agar adonan kremes dapat membentuk seperti sarang, minyak goreng harus dalam kondisi panas. Serta cara menuangkanya sedikit ditinggikan” ujar chef Ari. Satu per satu peserta mencoba teknik membuat kremesan dalam panduan chef  Ari. 

Chef Ari mempraktikan cara melumuri ayam dengan 2 jenis adonan tepung

Salah satu peserta mencoba menggoreng ayam goreng krispi

Kemudian Ayam goreng krispi dipraktikkan diakhir acara cooking class. Resep ayam goreng krispi juga salah satu menu andalan bagi para pengusaha ayam goreng. Peserta pun antusias mempelajari step by step membentuk lapisan kulit ayam agar keriting. “adonan yang digunakan ayam krispi ada 2 jenis yaitu adonan basah dan kering. Permukaan ayam dicubit-cubit saat dilumuri adonan kering hingga membentuk permukaan yang keriting” terang chef Ari. 

Ayam goreng kremes

Ayam goreng krispi

Ayam goreng tulang lunak

Semua hasil  masakan yang sudah didemokan juga diberikan kepada masing-masing peserta. “kelas olahan ayam kali ini sangat berkesan buat saya. Dari resep yang saya kira rumit ternyata setelah melihat teknik yang diajarkan chef Ari menjadi mudah dipraktikkan” ujar salah satu peserta asal Surabaya.*Selv

Komentar