Tantangan Mahasiswa Kuliner Membuat Chinese Food Di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya





Tantangan Mahasiswa Kuliner Membuat Chinese Food Di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya


Kelezatan Chinese food atau makanan khas cina memang sudah tidak diragukan lagi. Rasa gurih yang diciptakannya berbeda dengan masakan lainnya. Tak heran hampir diberbagai Negara di Dunia masakan cina selalu ada. Bertepatan dengan ujian praktik mahasiswa kuliner di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya yang mengusung tema chinese food


Dosen pengajar memberikan tema tersebut dikarenakan dalam pembuatannya terdapat teknik khas Chinese serta bahan pokok yang digunakan juga harus menggunakan bahan segar. Sehingga mahasiswa harus dapat mengaplikasikan teknik memasak yang sudah diajarkan sebelumnya. “dalam tema ujian praktik Chinese food kali ini, saya spesifikan untuk membuat menu appetizer dan main course” terang chef Mario Alvin Yonathan A.Md   salah satu dosen pengajar kuliner di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya. 
 
Memotong bahan hewani sesuai ukuran
Mahasiswa merebus lembaran sawi putih

Mengisi kulit pangsit dengan adonan isi

Kamis, 14 Desember 2017 tepat pukul 09.00 WIB ujian praktik pun dimulai oleh sebagian mahasiswa kuliner. Dalam ujian praktik ini, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga ujian praktik dilaksanakan selama 2 hari. Per kelompok berisikan 2 mahasiswa dengan mempraktikan resep masing-masing. Hawa hangat sangat terasa ketika mereka memulai memasak resepnya. Ditambah aroma kuat yang ditimbulkan masakan mereka membuat siapa saja yang menghirup menjadi semakin lapar.

Memberi taburan cabai kering pada hidangan

Sesekali dosen pengajar memberitahukan waktu yang tersisa sehingga mereka dapat terpacu untuk menyelesaikan ujiannya. “ masakan yang sudah siap, segera dihidangkan di meja penilaian yang sudah dihias pernak pernik Natal” ujar chef Adeline Nadia Daniel Adv. Dip. Hosp. selaku dosen pengajar kelas kuliner lainnya. Hidangan yang sudah matang disajikan dalam piring saji kemudian dihias dengan garnish agar lebih menarik. 




Mahasiswa mempresentasikan produknya kepada dosen penguji
Mahasiswa kuliner tristar institut kaliwaron
Mahasiswa kuliner tristar institut kaliwaron

Cabbage roll
Bola rambutan dengan saus tomat
XO white beehoon fish soun
Gurame & broccoli with XO sauce
Stir fried fish with chinese celery
Jelly fish salad
Crab and soun

Masing-masing mahasiswa mempresentasikan hasil praktiknya kepada penguji, mulai dari bahan yang digunakan sampai prosedur pembuatannya. Penguji produk mahasiswa kuliner yaitu chef Novi Kumalasari S.Tp, chef Afi Yasak dan chef Adeline Nadia Daniel Adv. Dip. Hosp. kriteria penilaian produk meliputi rasa, kreatifitas dan tekstur. seperti biasa, tahap evaluasi kepada mahasiswa selalu dilakukan oleh dosen pembimbing agar dapat lebih baik kedepannya. *Selv
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Komentar