Thanksgiving ala Mahasiswa Patiseri Advance



Thanksgiving ala Mahasiswa Patiseri Advance


Thanksgiving dimaknai sebagai hari untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas rezeki yang sudah didapat selama setahun. Cara merayakannya identik dengan hidangan yang khas seperti ayam kalkun dan labu kuning. Seperti di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya yang sedang mengusung tema perkuliahan thanksgiving, khususnya di Kelas Patiseri Advance. 



Chef Vivi membantu membuat royal icing
 
Hidangan yang disuguhkan sebagian besar berasa manis yang terbuat dari labu kuning seperti pumpkin tartlet and pie. ada juga satu hidangan lainya avocado creamy pudding, thanksgiving ganache cake,  mayo baby donut dan masih banyak lagi. Sebelum mempraktikkan resep thanksgiving, terlebih dahulu dosen pembimbing memberikan penjelasan dan sedikit tips untuk mahasiswanya. “untuk membuat puding, adonan yang direbus harus sudah bergolak agar puding bisa padat saat sudah dingin” terang Laurentia Vivi S.Pd, M.MPar selaku dosen pembimbing kelas patiseri advance.


Menghias kukis dengan royal icing

Kekompakan kelompok mencetak adonan kulit pumpkin pie

Salah satu mahasiswa membuat puding

Mahasiswa sangat antusias mengerjakan tugas praktik yang bertemakan thanksgiving ini. Selain unik, mereka dapat menuangkan sentuhan kretifitasnya kedalam resep yang didapat. pembuatan berbagai hidangan  dilakukan oleh mahasiswa patiseri advance selama tiga hari lamanya. Dimulai penimbangan bahan, pembuatan hidangan yang cukup rumit seperti pie, cake dan kukis dibuat pada hari pertama dan kedua. Sedangkan tahap menghias dan pembuatan pudding dilakukan diakhir .

Thanksgiving ganache cake
Chocolate silky and avocado creamy pudding

Rice krispies cake pop
Mayo baby donut, oreo turkey cookies and thanksgiving cupcake
Chocolate silky puding, pumpkin tartlet, choco egg turkey and thanksgiving cookies


Sedangkan donat digoreng setengah matang yang kemudian akan dipanaskan kembali saat hari penyajian. Beberapa cake dan kukis dihias seperti ayam kalkun oleh mahasiswa patiseri advance, sebagai simbol hari thanksgiving. Tidak lupa setiap hidangan dikemas sesuai dengan jenisnya agar terlihat semakin menarik dan cantik. hidangan yang sudah  siap akan dipamerkan dan cicip oleh mahasiswa dari kelas lain dan tamu undangan.*Selv

Komentar