Battle Seru Di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya



Battle Seru Diujian Mahasiswa Patiseri Regular Bertema Buffet Di Akpar Majapahit Surabaya





Kesekian kalinya,  mahasiswa mendapati ujian praktik ditiap mata perkuliahan di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya. ujian praktik sebagai salah satu tolak ukur penilaian dosen pembimbing  pada mahasiwanya sampai dimana kemampuan  menyerap penjelasan teori perkuliahan. Tema yang diberikan adalah ujian buffet bertema thanksgiving, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 24-29 November 2017. Ujian buffet ini dijadikan pula ajang battle antar kelas patiseri regular yang bertujuan agar mereka terpacu untuk menciptakan produk dan resep baru. 


Tiap kelas patiseri regular memberikan 6-8 hidangan yang dipraktikan, ada yang membuat hidangan kue tradisional dan modern dessert.  Seperti Tema hidangan sudah dikonsultasikan sebelumnya kepada dosen pembimbing masing-masing kelas yaitu Reni Savitri M, Par. ,Arwati SE, Otje Herman Wibowo S.E, M.Par. Dengan semangat mereka saling memberikan ide tiap kelompoknya serta menyusun rencana tampilan hidangan yang akan dipamerkan. 


kekompakan mahasiswa patiseri
Selama 4 hari, mereka membuat hidangan manis dan gurih secara bertahap. Hari pertama menimbang bahan dan memproses sebagian resep yang sudah ditentukan. Dilanjutkan dengan pemotongan cake dan memberikan filling dilakukan keesokan harinya agar hasil cake tidak mudah hancur ketika dipotong dan diisi. Finishing touch dilakukan setelah hidangan siap dinilai dan dipamerkan.  

Pumpkin panna cotta

Tema resep yang disodorkan tiap antar kelompok cukup unik seperti donat burger, mango cheese tart, sweet potato bites, soes pumpkin, red velvet cake, cream brulee dan masih banyak lagi.  salah satunya pudding yang berasal dari labu kuning yaitu pumpkin panna cotta. Pudding lembut yang terbuat dari campuran susu segar, bubuk gelatin, gula dan labu kuning yang menjadikan rasa panna cotta ini menjadi unik. Ditampilkan dengan gaya kekinian,layer panna cotta dibuat secara miring yang dibantu dengan alat penyangga seperti cetakan atau loyang muffin.

Hasil kue dari mahasiswa patiseri III
Dosen pembimbing dan mahasiswa patiseri III

Semua hidangan yang sudah siap didisplay dan dihias semenarik mungkin. Beberapa dosen dari kelas lain didatangkan pula untuk menilai hasil dari kelas patiseri. Dewan juri dibagi menjadi tiga tim, dari tim I Ari Purwantoro, MM., Santa Elisabeth, SE., Arwati, SE., tim II Imania Ayu Wulandari M.M.Par, Peter S.T, Masario, Amd. Par., tim III Hedy Wahidin Saleh, SH, M.si. Par., Yanuar Kadaryanto, M.M., Raden Paulus M. Par. Penilaian kali ini juga kedatangan juri tamu dari Hotel Maxone, bapak Andra sebagai sales manager Hotel. Hasil penilaian diserahkan kepada assiten dosen ita suhervin dan langsung diumumkan setelah perhitungan nilai. Battle ujian buffet kelas patiseri pagi dimenangkan oleh patiseri II, sedangkan kelas patiseri siang dimenangkan oleh patiseri I. Hasil penilaian juri meliputi dari rasa, penampilan dan kreatifitas produk.

 


“saya sangat senang dan luar biasa sekali dengan hasil para mahasiswa patiseri regular kali ini, ditambah dengan kemenangan yang didapat oleh kelas hasil bimbingan saya” ujar ibu Renny Savitri selaku dosen pembimbing kelas patiseri II. Selain dosen pembimbing merasa bangga, mahasiswa sendiri mendapatkan pengalaman baru dengan adanya kegiatan positif ini.*selv

Komentar