Mengasah Potensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam Praktik Perkuliahan Entrepreneur Di Kelas Patiseri Advance



Mengasah potensi berwirausaha mahasiswa dalam praktik perkuliahan entrepreneur di Kelas Patiseri Reguler


Entrepreneur atau berwirausaha merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, besarnya peluang dan cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Sama seperti mata kuliah yang diajarkan oleh dosen pembimbing chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par kepada mahasiswa petiseri regular. Tujuan dari praktik perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat belajar memasarkan produknya sendiri dengan melihat pangsa pasar sekitar. Selain itu, sebagai bekal ilmu berwirausaha setelah lulus dari Kampus Akademi Pariwisata Surabaya nanti.




Praktik entrepreneur ini dilakukan selama empat Hari lamanya, mulai dari tanggal 4-8 Desember 2017. Terdapat beberapa kelompok dalam satu kelas patiseri regular agar mereka juga belajar saling bekerja sama dalam mengatur strategi dan memasarkan produk. Produk yang akan dijual sebelumnya sudah dikonsultasikan kepada dosen pembimbing “produk yang akan dijual sebaiknya hasil inovasi kalian sendiri sehingga lebih menarik konsumen” ujar chef Otje.
Tahu bakso

Red risoles isi kari ayam suwir
Corn dog
Nuget pisang
Soes
Produk yang dijual cukup unik dan khas anak muda jaman sekarang. Diataranya, black & red risoles, nugget pisang aneka topping, tahu bakso, corn dog, pudak dalam cup, cream brulee  dan masih banyak lagi. Berbeda dengan yang lainnya, Produk yang cukup mencolok perhatian adalah black & red risoles. Risoles unik berwarna merah dan hitam yang dihasilkan dari tambahan pewarna makanan. Risoles ini menggunakan isian yang berbeda tiap warnanya, risoles merah berisikan tumisan ayam suwir berbumbu kari. Sedangkan risoles hitam berisi potongan sosis, irisan telur rebus dan mayonnaise.


Susu puding
Tidak hanya produk makanan saja, mereka juga menjual aneka minuman kekinian seperti suding atau bisa dibilang susu pudding. Minuman ini terbuat dari susu sapi aneka rasa kemudian dicampur dengan potongan pudding. Dikemas dalam botol plastik yang menarik dan lucu.

Banana churros   
Tahu bakso

Setelah produk selesai dan dikemas cantik, mereka segera memasarkan dan menawarkan kepada konsumen di area maupun diluar Kampus. Tak tanggung-tanggung. Mereka juga memanfaatkan social media sebagai alat memasarkan produknya. “Berkomunikasi langsung dengan konsumen merupakan pengalaman baru bagi saya dan teman-teman, serta dapat menambah kepercayaan diri masing-masing” ungkap kennet salah satu mahasiswa patiseri regular di Akpar Majapahit Surabaya. *Selv



Komentar