Lezat, Thailand Food ala Mahasiswa Akademi Pariwsata Majapahit Surabaya



Lezat, Thailand Food ala Mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya


Thailand food atau  makanan Thailand yang memiliki ciri khas rasa pedas dan kaya bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis,asin, masam dan pedas. Rabu 6 desember 2017 kelas kuliner akpar Surabaya mengusung tema makanan ala Thailand. Kelas yang dibimbing oleh dosen Ari Purwantoro S.St.Par, M.M mempraktikan 3 resep ala thailand yaitu vegetarian fried rice, adobo dan fresh lumpia. 

 


Dalam kelas kuliner ini dibagi menjadi beberapa kelompok dengan menu yang sama. Meskipun mempraktikan resep yang sama, mereka diwajibkan menyajikan tampilan yang berbeda sehingga mereka dapat berkreasi.  Selain itu, tujuan lain dosen pembimbing memberikan tema Thailand food agar mahasiswa tahu jenis dan ciri khas dari suatu Negara. Sebelumya mereka juga menerima resep masakan ala Asia lainya seperti Jepang, Malaysia dan Vietnam.

Adobo
Aroma tumisan dari bawang putih langsung menyeruak keseluruh ruangan, ditambah dengan gurihnya daging semakin membuat lapar siapa saja yang menghirupnya. Perlakuan tersebut Tahap pertama yang dilakukan oleh mahasiswa dalam pembuatan hidangan Thailand yang disebut adobo. Dengan penambahan bumbu khas adobo seperti kecap, daun salam, serta sedikit asam dari cuka masak. Adobo sendiri memiliki tekstur yang agak kering atau berkuah sedikit seperti semur daging.


Vegetarian Fried Rice
Vegetarian fried rice merupakan hidangan thailand seperti nasi goreng tetapi memiliki keunikan tersendiri. Nasi goreng yang dibumbui khas thailand serta terdapat irisan sayuran dan cincangan kacang mede. Serta tidak terdapat campuran bahan hewani sama sekali karena hidangan ini rekomendasikan untuk orang yang tidak bisa memakan makanan mengandung hewani atau vegetarian. 


Vegetarian Lumpia

Berbeda dengan hidangan thailand  yang bernama fresh lumpia. Lumpia yang berisikan bahan seafood yang berbalut daun selada segar berjenis ice burg. Mereka menyajikannya dengan cara memberikan siraman saus cabai dan saus khas Thailand.. penyajiannya harus cepat karena harus dalam keadaan fresh sehingga para mahasiswa memasak resep ini diakhir setelah kedua resep sebelumnya selesai.


Usai mesasak, tahap menghias dilakukan dengan kompak setiap kelompok. Hidangan Dihias dengan sedikit cincangan daun petersely, kacang-kacangan yang disangrai atau potongan tomat segar akan menambah penampilan dilanjutkan menghidangkan semua hasil masakan mahasiswa diatas mejapenyajian yang kemudian dievaluasi oleh dosen pembimbing.*Selv

Komentar