Kreasi Modern Cake Menjadi Tantangan Mahasiswa Patiseri Regular Diujian Triwulan Akhir



Kreasi Modern Cake Menjadi Tantangan Mahasiswa Patiseri Regular Diujian Triwulan Akhir


Modern cake yang kini terus berkembang pesat menjadikannya produk yang memiliki potensi keuntungan di dunia kuliner. Hal ini menjadi salah satu satu alasan bagi dosen pengajar untuk membuat tema ujian praktik akpar majapahit jemursari, Surabaya. Senin 11 Desember 2017 mahasiswa patiseri reguler melaksanakan ujian akhir triwulan dengan tema modern cake di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya. Dalam tema ini, dosen tidak memberikan patokan jenis cake yang harus digunakan melainkan bebas mengkreasikan resep seputar modern cake. Ujian praktik akhir triwulan tersebut dikerjakan secara individu sehingga mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok selama 3 hari.  



Para mahaisiswa mempersiapkan bahan praktik

Base cake dapat dibuat sehari sebelum ujian dimulai oleh para mahasiswa, karena waktu yang disediakan hanya 120 menit” terang chef Fitri Syntiadewi S. E. salah satu dosen pengajar Akpar Majapahit Jemursari Surabaya. Tepat pukul 09.00WIB ujian praktik dimulai, mahasiswa segera menimbang bahan yang dibutuhkan dari resep masing-masing. Terlihat wajah serius dan tegang terpancar pada mereka karena tak ada bantuan dari teman maupun dosen pengajar.


 
Salah satu base cake yang dibuat para mahasiswa

Suara bising dari mikser mulai terdengar, mengartikan sudah setengah perjalanan ujian praktik mereka kerjakan. Berbagai bentuk dan ukuran loyang mereka gunakan untuk mencetak adonan cake. Tidak lupa, oven pemanggang cake dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu yang pas. Sambil menunggu cake matang, mereka segera mempersiapkan bahan untuk hiasan cake nantinya seperti memberikan warna pada buttercream dan mencetak cokelat masak pekat yang sudah dilelehkan sebelumnya.
Para dosen penguji mencoba produk dari mahasiswa

Salah satu mahasiswa mempresentasikan produk

Sesekali dosen pengajar memberitahukan waktu yang tersisa oleh mahasiswa petiseri disela-sela ujian praktik. Dengan segera mereka menyelesaikan produk dan dihidangkan dalam piring saji yang sudah diberikan hiasan. Produk yang sudah siap saji dikumpulkan dimeja penilaian dengan dosen penguji bapak  R. Paulus W. Soetrisno M. Par, ibu Renni Savitri M. Par, ibu Imania Ayu Wulandari M.M. Par, bapak Otje Herman Wibowo S. E, M. Par, ibu Arwati S.E dan ibu Laurentia Vivi S.Pd, M.Mpar.
Ivony dan produknya
Ayu dan produknya




Gregory dan produknya
Jeremy dan produknya














Blueberry apple mouse cake, salah satu produk terbaik


Sushi roll cake

Cold drip mazagran dome cake

Oreo bomb cream cake

Red velvet oreo cake

Penilaian ujian praktik kali ini meliputi dari tampilan, rasa dan tekstur produk. Setelah tahap penilaian, mahasiswa patiseri berkumpul untuk diberikan evalusai produk oleh masing-masing dosen pembimbing. Wajah ceria terlihat langsung pada mereka setelah penilaian, sebagai tanda betapa leganya mereka sudah mengerjakan ujian praktik tersebut dengan maksimal. *Selv


Komentar