Continental Food Menjadi Tematik Ujian Mahasiswa Kuliner Akpar Majapahit Surabaya



Continental Food Menjadi Tematik Ujian Mahasiswa Kuliner Akpar Majapahit Surabaya


Hidangan kontinental adalah makanan yang berasal dari Negara Eropa, Amerika dan Australia yang biasanya menggunakan bumbu herb, lada, garam dan tanpa ada tambahan vetsin sama sekali. Selain itu, hidangan kontinental lebih cenderung banyak lauk pauk hewaninya yang disertai pelengkap seperti kentang maupun sayuran yang sudah diolah. Hidangan kontinental ini pula yang menjadi tematik ujian akhir triwulan mahasiswa kuliner Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya.  

Selasa 12 Desember 2017, tepat Pukul 09.00 WIB mahasiswa kuliner melaksanakan ujian praktik yang pertama. Mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok jadwal pelaksaaan ujian dengan resep per individu Selama 3 hari berturut-turut. Chef Ari Purwantoro S.St.Par, M.M salah satu dosen pengajar memberikan informasi peraturan ujian praktik, “ujian praktik kali ini, saya hanya berikan waktu seama 90 menit saja” tegas chef Ari.


Prepare bahan
Proses memasak


Dengan segera mereka memulai mempersiapkan dan memotongi bahan makanan yang dibutuhkan. Untuk jenis hidangannya, mereka memilih salah satu diantara appetizer dan main course. 

Steak yang sudah digrilled

Sansbury steak
Dari sekian hidangan main course yang dimasak oleh mahasiswa, ada salah satu main course yang unik yaitu sansbury steak. Main course unik ciptaan dari mahasiswa yang bernama defries haryo yustanto ini terbuat dari daging sapi yang dimasak sedemkian rupa sehingga lembut didalam dan garing diluar. Kemudian Disiram oleh gurihnya saus jamur diatasnya semakin menambah kelezatannya. Serta, Ditambah dengan red cabbage purre yaitu pelengkap dari kubis merah.


Dosen penguji mencoba produk mahasiswa

Dosen penguji menilai produk mahasiswa

Salah satu kelompok kuliner menghidangkan produk bertema christmas

Amanda dan produknya
Jordan dan produknya


Ferdinan  dan produknya
Rivaldi dan produknya



Spicy garlic & lemon butter baby potatoes
Fried chicken steak
Fried rice vegetable and sausage
Chicken pot au feu reduction
Stuffed squid & potatoes ball with garlic sweet chili sauce
Chicken supreme with bacon & mushroom in a cream sauce with augot and sweet salad
Sweet spicy chicken lollipop with cheese sauce
Mashed potatoes in cup
Vegetables yogurt salad with saute & potatoes chips
Baked mussel with mayonaise sauce
Zuppa soup
Grilled prawn honey lemon

Mahasiswa yang sudah selesai memasak, segera menghidangkan produknya dipiring saji dan dihias dengan cantik. Produk mahasiswa dinilai dengan dosen penguji chef Aryo Wahyu Saputro S.K.G, chef Yanuar Kadaryanto M.M, Nadia Ratih Aryani S.Pd, M.Kes, dan Chef Ari Purwantoro S.St.Par, M.M. penilaian meliputi dari rasa, penampilan dan tekstur produk.*Selv

Komentar