Ketegangan Mahasiswa Ujian Praktik Dengan Mistery Box Di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya



Ketegangan Mahasiswa Ujian Praktik Dengan Mistery Box
Di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya


Ujian praktik Mahasiswa kuliner kali ini berbeda dengan biasanya. Dosen pengajar memberikan tantangan untuk mahasiswa kuliner dengan memberikan mistery box kedalam tema ujiannya. Mistery box tersebut berisikan bahan utama yang akan diolah nantinya. Tujuan dosen pengajar mengusung tema tersebut agar mahasiswa dapat dengan cepat mengkreasikan apapun bahan yang diberikan. Meskipun diberi kebebasan membuat resep apapun seputar main course atau appetizer, mahasiswa tetap menghidangkan produknya ala sajian Natal.
Maha, salah satu mahasiswa kuliner membuka mistery box
Sabtu 16 Desember 2017 ujian mahasiswa kuliner triwulan akhir ini dilaksanakan. Ketegangan mereka  semakin menjadi saat  memasuki dapur yang sudah disediakan mistery box masing-masing meja praktinya. Setelah dibuka, terdapat bahan utama yaitu ayam kampung, bebek, daging sapi dan ayam negeri. 

Para mahasiswa mendapatkan salah satu bahan utaman tersebut dan langsung mengolahnya secara spontan. “waktu yang saya berikan hanya 2 jam saja untuk mengolahnya menjadi hidangan lezat, sehingga management waktu sangat dituntut kali ini” tegas chef Mario Alvin Yonathan A.Md selaku dosen pembimbing kelas kuliner di Tristar Institute Kaliwaron Surabaya.
Aroma kuat menyeruak dari tumisan bumbu
Asap dan aroma tajam dari masakan mereka langsung mengebul saat kompor dinyalakan. Tidak hanya bahan hewani saja yang diolah, mereka juga mengolah sayuran segar sebagai pendamping hidangannya. Mulai dari wortel yang dipotong korek api hingga irisan tipis yang dibentuk seperti pohon Natal. 
 
Mahasiswa menata hidangannya dalam piring saji
Salah satu penataan meja display mahasiswa 
 
Salah satu mahasiswa mempresentasikan produknya kepada dosen penguji
Para mahasiswa menjelaskan resep yang dipraktikkan
Hidangan yang sudah matang dengan segera disajikan dalam piring hidang. Tidak lupa mereka memberi sentuhan garnish di Menit-menit terakhir ujian. Tahap penilaian dilakukan oleh tim penguji yaitu ibu Leli Hariyani, chef Mario Alvin Yonathan A.Md, bapak Yoseph Agung. Kriteria penilaian produk meliputi dari rasa, kreatifitas dan tekstur. 
Para mahasiswa kuliner Tristar Institut Kaliwaron Surabaya

Red christmas

General tso grill fish

Dimsum tofu skin

Ayam bakar sambal matah & nasi tambang

Nasi bakar meteri dan sate negro

Rica-rica dan nasi kepal Christmas

Tumini nasi merah dan rendang daging

Blue tuturuga Christmas

Chicken christmas with broccoli saute
Evaluasi produk dilakukan oleh dosen pembimbing kepada mahasiswa didikannya agar dapat mengetahui kekurang sera kelebihan masing-masing produk. “lega rasanya sudah dinilai produk saya, meskipun ada kekurangannya dalam hal rasa tapi saya senang dengan hasil evaluai dari dosen penguji kali ini” ujar maha salah satu mahasiswa kuliner Tristar Institute Kaliwaron Surabaya.*Selv




Komentar