Gurihnya Masakan Malaysia India ala Mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya



Gurihnya Masakan Malaysia India ala Mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya






Masakan dari Negara Asia memang memiliki ciri khas dengan bahan dasar, teknik memasak serta penggunaan aneka rempah-rempahnya. Tetapi tiap-tiap Negara juga menampilkan masakan yang berbeda dari segi penampilan, rasa dan aromanya. Masakan Malaysia India merupakan masakan etnik India yang sudah menyesuaikan teknik memasak ala Malaysia. Bertepatan dengan tema Kelas kuliner regular di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya yaitu masakan Malaysia India.






Kelas kuliner yang memiliki 18 mahasiswa ini diberikan resep dari dosen pembimbing chef  Ari Purwantoro S.St.Par, M.M sebanyak 3 resep Malaysia india yaitu fish wraped banana leave, hot spicy chicken dan lamb curry with canai. Para mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuatnya. Tidak lupa dosen pembimbing memberikan penjelasan seputar teknik pembuatan pada resep agar mahasiswa dapat mempraktikan dengan benar.

Menumis bumbu dan potongn daging ayam

 Teknik simmering pada hot spicy chicken


Begitu kompor dinyalakan, saat itu pula para mahasiswa memulai memasak. Aroma rempah-rempah semakin kuat ketika bertemu minyak panas. Mereka tidak lupa melakukan teknik yang sudah diajarkan oleh chef Ari sebelumnya. seperti pada resep hot spicy chicken, mahasiswa melakukan teknik simmer saat merebusnya agar bumbu dapat meresap hingga kedalam ayam. Simmer atau tekning simmering adalaln teknik memasak dimana bahan makanan direbus dengan menggunakan api kecil, sehingga air tidak sampai mendidih.


Roti canai
 
Fish wrapped banana leave



Ada satu resep hidangan ala Malaysia india yang mirip sekali dengan masakan Indonesia yaitu fish wrapped banana leave. Ikan yang dicampur dengan kelapa parut serta bumbu halus kemudian dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk tum. Biasanya hidangan ini dinamakan ‘botok’ di Indonesia. Jelas, rasa yang diwujudkan  berbeda keduannya dikarenkan menggunakan resep dan bumbu yang berbeda. 





Mereka dengan cepat dan sigap menyelesaikan semua resep yang didapat. masakan yang sudah matang segera diletakan dipiring saji. Ketiga resep disajikan dalam satu piring dan dihias dengan irisan cabai merah dan daun ketumbar khas sajian ala Malaysia India. Tidak lupa, diberi alas daun pisang diatas piring saji sebelumnya agar sajian semakin menarik.
Dilanjutkan dengan tahapan evalusi praktik memasak oleh dosen pembimbing. “saya cukup puas dengan hasil hari ini, mulai dari rasa dan penampilan sudah bagus serta teknik yang dipraktikan sesuai dengan yang saya ajarkan sebelumnya” ujar chef Ari. *Selv

Komentar