Demo Masak Terang Bulan Dan Martabak Telur Bersama Chef Otje



Demo Masak Terang Bulan Dan Martabak Telur
 Bersama Chef Otje

   


Terang bulan dan martabak adalah produk usaha kecil menengah yang memiliki peluang usaha kuliner yang cukup besar. Selain dari bahan yang dibutuhkan murah, cara pembuatannnya pun mudah dipraktikan. Bertepatan dengan tema demo masak di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya yaitu terang bulan dan martabak telur.  


Para peserta memperhatikan teknik membuat adonan terang bulan
 

Terdapat 4 peserta yang mengikuti demo masak yang dilaksanakan pada hari Sabtu 9 Desember 2017 bersama chef Otje Herman Wibowo S. E, M. Par. Ada salah satu peserta yang tag segan-segan datang dari palangkaraya untuk mengikuti acara demo memasak ini. 


Tak lupa, pengetahuan bahan makanan yang dibutuhkan dijelaskan oleh chef otje kepada peserta. Dengan begitu mereka dapat mengetahui penyebab gagalnya resep yang dipraktikan di rumah. Dilanjutkan mempraktikan bagaimana membuat adonan terang bulan yang baik dan benar seperti teknik pengocokan. Proses pengocokan terang bulan memiliki teknik seperti mengaduk dengan ballon whisk secara sedikit dihentakan. “mengocok adonan terang bulan harus menggunakan sedikit tenaga agar udara dapat masuk kedalam adonan” terang chef Otje. 




Sebelum memanggang adonan, loyang terang bulan dipanaskan terlebih dahulu agar terang bulan memiliki serat yang bagus. Aneka topping diberikan diatas terang bulan yang sudah matang seperti meses, parutan keju dan cincangan kacang tanah menambah nikmatnya.  


Isian martabak telur


Acara demo masak  dilanjutkan ke resep selanjutnya yaitu martabak telur. Adonan martabak telur berbeda dengan terang bulan, adonan martabak diaduk dengan cara diuleni hingga kalis kemudian direndam kedalam  minyak goreng selama beberapa menit. “sebaiknya menguleni adonan martabak menggunakan mikser jika jumlah tepung banyak agar proses elastisnya adonan lebih cepat” ujar chef Otje. 
 
Salah satu peserta membuat martabak telur

Peserta mencoba satu pe satu untuk proses menipiskan adonan martabak telur. Teknik melempar adonan menjadi tipis memang cukup sulit jika tidak diperhatikan dengan baik. Gunakan rolling pin atau telapak tangan menjadi pilihan lainnnya agar mempermudah menipiskan adonan. Panaskan penggorengan khusus martabak yang sudah diberi minyak goreng. Adonan yang digoreng disiram-siram dengan minyak panas agar adonan isi matang hingga kedalam. 

Terang bulan

Martabak telur

Semua hasil praktik bisa dibawa pulang oleh masing-masing peserta. Tidak hanya hasil praktik saja, mereka juga mendapatkan sertifikat hasil praktik. “ saya sangat puas dengan hasil demo masak hari ini. Selain enak, teknik yang berikan cukup mudah dipraktikan” ungkap  salah satu peserta. *Selv  

Komentar