Belajar UKM Bersama Ibu Rachma di Kelas Patiseri Advance



Belajar UKM bersama ibu Rahma di Kelas Patiseri Advance

     
Industri UKM makanan dan minuman menempati posisi pertama  di Indonesia sehingga potensi UKM sebagai penggerak perekonomian masyarakat sangat besar. Tetapi masih banyak diluar sana yang penguasaan teknologi pangan yang lemah serta rendahnya kualitas kewirausahaan menjadi kendala yang dihadapi UKM. Beruntunglah di Akademi Pariwisata Majapahit diajarkan mata kuliah UKM beserta pengetahuan teknologi pangan. Senin 4 Desember 2017, mahasiswa patiseri advance belajar makanan yang digunakan untuk usaha kecil menengah dengan dosen pengajar Rachma Nur Devianti S.TP lulusan dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.  






“ dengan adanya mata kuliah ini, saya ingin kalian dapat mengetahui proses pembuatan beberapa saus yang biasa kalian gunakan sehari-hari dan cara penanganan makanan agar dapat bertahan lama” ujar ibu rachma.  Tema makanan yang dipraktikan antara lain yoghurt drink, patty beef burger, thousand island sauce, teriyaki sauce, barbeque sauce, kekian, jamur tiram krispi, ekado dan hakkau. Mahasiswa diberikan semua resepe tersebut dipraktikkan selama 4 hari karena ada beberapa resep makanan yang membutuhkan proses fermentasi seperti yoghurt. 

Proses pasteurisasi susu sapi

Sebelum praktik, dosen pengajar memberikan sedikit tips pada mahasiswa patiseri advance “susu yang digunakan dalam resep yoghurt, harus menggunakan susu sapi murni tanpa ada campuran apapun karena akan mempengaruhi jadi atau tidaknya yoghurt” kata ibu rachma. Proses pasteurisasi susu dilakukan agar bakteri yang terkandung dalam susu hilang, dilanjutkan penambahan bakteri sta  
rter dan perasa makanan kedalamnya setelah uap panas hilang. Tidak lupa yoghurt dikemas dengan penutup rapat dan disimpan dalam suhu ruang   selama 2 hari lamanya .
 
Membuat adonan ekado

Ekado siap digoreng

 
Hakkau yang sudah diisi

Berbeda dengan  resep lainnya, patty beef burger, teriyaki sauce, barbeque sauce, thousand island sauce, jamur krispi, ekado, hakkau dan kekian dapat disajikan langsung. Cara pembuatannya cukup mudah dipraktikan oleh mahasiswa. 



Aneka saus ala mahasiswa advance ini dibuat dari rempah-rempah dan sayuran yang dapat menciptakan rasa khas. Direbus dengan api kecil hingga meresap dan mengental. Kegunaan aneka saus dapat menjadi pendamping cocolan atau campuran bahan masakan agar lebih nikmat. 

Hakkau
Ekado

Yoghurt drink

Teriyaki sauce

Patty beef burger

“saya cukup puas dengan hasil dari resep yang dipraktikkan, dengan begitu merekapun mengetahui teknologi pangan yang baik dan benar” ujar ibu Rachma. Evaluasi hasil praktik selalu dilakukan dosen pengajar diakhir kelas praktik. Tema UKM teknologi pangan juga akan dijadikan ujian advance keesokan harinya dengan resep yang mereka kreasikan. *Selv

Komentar