Ujian Praktik Cake Komersial bersama Chef dari Filma



UJIAN PRAKTIK CAKE KOMERSIAL BERSAMA CHEF DARI FILMA




Cake komersial adalah cake yang memiliki nilai jual tinggi dan di minati oleh pasar seperti Japanesse Cheesecake, Matcha Cake dan masih banyak lagi. Sama seperti tema ujian kali ini yaitu membuat komersial dikelas Patiseri Advance. Terdapat 4 kelompok dan membuat resep cake yang berbeda yaitu Raspberry Chocolate Saint Honoree With Lemon Cream, Matcha Oreo Mouse Cake, Bluberry Oreo Cheese Cake dan Cookies & Cream Cheese Cake Bundt  Cake. Sebelum memulai ujian, mahasiswa diberikan penjelasan oleh pengajar yaitu Chef Kim Gerry dan Chef Mickey dari Brand Filma. 


“resep yang sudah dipilih, sebelumnya telah dipelajari dan dipahami karena metode dasar pada resep sudah tidak dijelaskan kembali oleh kami” ujar Chef Gerry. dilanjutkan para mahasiswa memulai ujian praktek sesuai kelompoknya masing-masing. Tidak luput pula, kelas Advance diawasi oleh asisten dosen handal  ibu Jiurieke Alvionita Yap. Agar kegiatan ujian tetap tertib dan tertata. 
 
Chef Kim Gerry dan Chef mickey mengawasi ujian praktik mahasiswa

Dengan antusias mahasiswa mempraktikan resep cake secara perlahan dan teliti agar hasil akhir produk sesuai yang diharapkan. Juga, Sedikit banyak chef mickey mengingatkan teknik pembuatan cake ketika salah satu kelompok lupa prosedur pada resep “gunakan suhu yang tepat saat menyiram cake dengan adonan Glaze, jika suhu kurang tepat maka hasil yang di dapat tidak akan mulus melainkan bergelombang pada permukaannya” kata Chef Mickey. 


Selanjutnya cake yang sudah matang, segera mungkin dihias dengan berbagai hiasan agar cake tampil cantik dan menarik. Para mahasiswapun berkumpul beserta produk cake masing-masing. Tahap penilaian Chef Kim Gery dan Mickey pada ujian kali ini meliputi dari rasa, tampilan, kreatifitas dan kebersihan. 
 
Raspberry chocolate saint honoree with lemon cream


Bluberry oreo cheese cake

Cookie and cream cheese bunt cake
Matcha oreo cheese cake


Tidak ada pengulangan ujian praktik pada kelas patiseri Advanced, hanya evaluasi produk praktik yang akan diberikan para Chef kepada mahasiswa. Dengan begitu mahasiswa tahu tingkat kepahaman teori dan praktik yang pernah diajarkan oleh Chef maupun dosen pembimbing.

Komentar