Mengenal Teknik Dekorasi Cake dari Fondant di Tristar Institut Surabaya



Mengenal berbagai teknik dekorasi cake dari fondant
di Tristar Institute Surabaya


Menghias cake bisa menggunakan dengan butercream, cokelat, buah kering maupun segar. Selain itu, fondant juga digunakan untuk alternative menghias cake dengan tema apapun. Cake yang dihias dengan fondant akan meningkatkan harga jual dan minat konsumen. Seperti yang sedang dilakukan oleh mahasiswa advanced pastry classes dengan tema mata kuliah fondant decoration. Dibimbing oleh dosen pengajar profesional ibu Fitri Syntiadewi S. E. lulusan dari Universitas Negeri Surabaya. Serta dibantu oleh asisten dosen Jiurike Alvionita Yap.

 
ibu Fitri menjelaskan teori cake decoration
 Mahasiswa diberi pengarahan seputar teknik  dan pengenalan bahan  dekorasi.”kali ini saya akan menshare ilmu dekorasi cake tidak hanya menggunakan fondant saja tetapi juga dipadukan dengan royal icing” terang ibu fitri. sehingga penampilan cake menjadi lebih hidup dan menarik. “mendekorasi cake itu harus teliti dan sabar, agar hasilnya terlihat bagus” celetuk ibu Fitri kepada mahasiswanya.
 
Terdapat 4 tema fondant decoration yang sudah diberikan oleh dosen pengajar yaitu embroidery & stitch decoration cake, filigree & string work decoration cake, character or picture painting decoration cake dan cartoon painting decoration cake. Masing-masing tema yang diberikan memiliki teknik yang berbeda. Kali ini, praktik dekorasi cake menggunakan cake dari styrofoam agar lebih mudah mendekorasinya dan lebih tahan lama.  Pertama cake styrofoam diamplas dahulu agar permukaan yang tidak rata menjadi halus dan rata.  
 
Memberi warna pada cake fondant
Memberikan efek renda dari royal icing

            “gunakan pewarna oil base agar lukisan pada fondant tetap rapi dan tidak melebar kemana-mana” kata ibu Fitri. setelah cake dilapisi oleh fondant, tahap selanjutnya adalah membuat gambar sketa yang diinginkan.  Sketsa cake dapat dibuat langsung dengan alat gumpaste atau juga dapat menggunakan contoh gambar yang sudah dirapihkan ditempelkan diatas cake kemudian disketsa secara perlahan.

 
Filigree & string work decoration cake

Character painting decoration cake


Embroidery & stitch decoration cake


Gelatine bubble & cartoon painting decoration cake


4 hari Waktu yang diberikan untuk mendekorasi cake fondant, karena perlu beberapa tahapan hiasan cakenya. Seperti menunggu hiasan royal icingnya mengering, membuat balon dari gelatin hingga menunggu keringnya kuasan gambar. Cake yang   selesai akan dipamerkan dan dinilai oleh ibu Fitri selaku dosen pengajar dekorasi cake. *Selv

Komentar