DARI BINTAN MENUJU TEXAS

           

          Kevin Reinaldo, siapa yang tidak kenal dengan nama itu? Terutama untuk mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akademi Pariwisata Majapahit tahun 2014. Saat ini dia sudah berlayar bersama Kapal Pesiar Disney Cruise Lines Texas, Amerika Serikat pada November 2016. Perjalanan karir yang melejit ini tidak dia dapatkan secara instan. Laki-laki kelahiran Malang tahun 1993 ini melalui banyak proses yang akhirnya mengantarkan dia berkarir di kapal pesiar.
            Semua di awali dengan kegiatan Kevin On The Job Training (OJT) di Hotel Angsana Bintan (satu group dengan Banyan Tree Resort Bintan) dari tahun 2013 sampai 2014 silam. Selanjutnya Kevin langsung direkrut menjadi Assistant Chef (Junior Chef) setelah wisuda dari Akademi Pariwisata Majapahit pada tahun 2014. Tidak berhenti di situ saja, perjalanan karirnya berlanjut yang menjadikan dirinya sebagai Demin Chef de Partie (CDP) yang setara dengan Supervisor.
            Selama di sana Kevin menyiapkan sarapan tamu hotel (breakfast), coffee break, dining destination, fine dining, table manner, wedding party event, dan pesta kebun.
            Setelah 3 tahun berkarir di hotel berbintang, akhirnya pada Februari 2016, Kevin mengajukan surat lamaran ke pihak agen Disney Cruise Lines di Indonesia melalui PT. Ratu Oceania Raya yang berkantor di Bintaro Trade Center.
            Pada 15 November 2016, dia pun bertolak menuju Texas, Amerika Serikat, dengan rute dari Malang – Jakarta – Singapura – Manchester (England, UK) – Texas (Amerika Serikat). Dari rute tersebut, tiket yang mengantarkannya dikirim melalui agen di Indonesia (PT. Ratu Oceania Raya) via email. Sebelum dia berangkat ke Texas, Kevin terlebih dahulu resign dari Hotel Angsana dan Bayan Tree Resort Bintan.
            Dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk bekerja di kapal pesiar? Yang pertama harus Passport Indonesia, lalu medical check-up, ijazah, visa dengan tipe visa transit C1-D dari Kedubes Amerika Serikat di Jakarta, buku pelaut dan yang terakhir dokumen pribadi.
            Untuk modal awal berangkat, Kevin menyiapkan 25 juta rupiah yang ia dapatkan dari bekerja selama 3 tahun. Uang tersebut dipergunakan untuk mengurus semua keperluan ke Amerika Serikat.

            Gaji yang Kevin dapatkan selama bekerja di kapal pesiar sebesar 300 USD/minggu atau Rp 4.200.000, jika dalam sebulan Kevin mendapatkan 1.200 USD/bulan atau Rp 16.800.000 (hitungan dalam 1 USD = Rp 14.000) termasuk uang lembur.

Komentar