Adu Kreasi Kemasan Produk Oleh Mahasiswa Patiseri Advance



Adu Kreasi Mahasiswa Patiseri Advance Membuat Produk dan Kemasan di Tristar Institute Surabaya

Kreatifitas mahasiswa Tristar Institute selalu dikeluarkan setiap mengadakan kegiatan maupun di kelas perkuliahan. Mereka bersaing menciptakan produk baru Seperti kegiatan perkuliahan yang bertepat pada hari Jumat, 16 november 2017 mahasiswa patiseri mendapatkan tema mata kuliah tentang cara membuat kemasan produk yaitu All About Packaging. Dibimbing oleh dosen pembimbing ibu Laurentia Vivi M.M. Par dan asisten dosen Jiurike Alvionita Yap. Kemudian mahasiswa Diarahkan mulai dari pembuatan produk yaitu Brookies (brownies cookies), Assorted Pie, Spido (spinach doughnut), Boring (brownies arang), Macarons Chigarette dan Mango Smoothies Cake.
 
Salah satu Mahasiswa Mengukur Suhu Air



 
Tahap Membuat Adonan Pie Filling

Salah satu produk yang menarik adalah borang yaitu brownies arang. Kandungan bubuk arang ini yang menghasilkan warna brownies menjadi hitam. dipadukan dengan rasa manis legit dari cokelat masak pekat serta topping renyah dari almond dan keju. Kreasi borang diciptakan dari salah satu mahasiswa kelas patiseri advance yang bertujuan menciptakan produk yang inovatif untuk usaha kuliner.  Setelah produk sudah matang, dilanjutkan dengan pembuatan kemasan produk. Kemasan yang dibuat terbuat dari bahan yang mudah didapat oleh mereka seperti karton, toples, kardus hingga kertas roti.


Membuat Kemasan Brookies



Ibu Vivi Memberikan Evaluasi Hasil Produk Kemasan

Hasil Kemasan Macarons Chigarette

Hasil Kemasan Borang

Hasil Kemasan Assoerted Pie

Hasil Kemasan Brookies

 Mulai dari pemilihan bahan, pengukuran, pemotongan hingga penempelan dilakukan oleh para mahasiswa secara teliti sehingga menghasilkan kemasan yang unik dan cantik. Sebelum produk dimasukkan dalam kemasan, proses pemotongan produk dilakukan agar sesuai dengan ukuran kemasan. Tidak lupa, hiasan kecil seperti pita, serat kayu atau surat kecil ditambahkan pada masing-masing kemasan. Sebelumnya, Pengetahuan kemasan produk didapat oleh mahasiswa dari mata kuliah packaging yang diajarkan oleh ibu Juli. Dilanjutkan ketahap penilaian dan evaluasi hasil praktik dengan ibu vivi. “untuk pengemasan produk makanan sebaiknya tidak hanya satu lapisan kemasan melainkan ada beberapa lapisan kemasan agar produk tidak mudah rusak dan tidak mudah terkontaminasi bakteri” ujarnnya.

Komentar