Praktik membuat Cake Decoration di Kampus Akpar Majapahit

Setiap musim pernikahan tiba menjadi momentum istimewa yang dinantikan para penyedia jasa pembuatan Cake Decoration. Pasalnya menghias Cake untuk acara istimewa seperti pernikahan,ulang tahun,harus dibutuhkan keterampilan khusus.
Tentu saja diacara special tersebut setiap orang pasti menginginkan segalanya berjalan dengan sempurna. Dan sudah tentu dibutuhkan tenaga prfesional untuk mengerjakan sebuah cake untuk pernikahan atau biasa disebut wedding Cake & Birthday Cake.
Untuk itu,Mahasiswa Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit yang berkampus di Graha Tristar JL Raya Jemursari no.244 Surabaya juga diajarkan bagaimana cara membuat Wedding Cake secara intensif selama seminggu.
Perkuliahan jurusan patiseri ini menggunakan system praktik setiap hari. Hal ini terbukti sangat efisien. Karena mahasiswa menjadi dangat terlatih dan terampil dalam berbagai proses pengolahan berbagai produk pastry dan bakery.
seperti pada perkuliahan kali ini,mahasiswa diajarkan cara menghias Wedding Cake secara berturut turut selama seminggu dengan berbagai tema yang berbeda setiap hari.
Selain menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa D3 Akpar Majapahit. Praktik membuat cake decoration ini juga bisa diikuti masyarakat umum. Ini sebagai bagian dari bentukn pengabdian kepada masyarakatdari pihak Akpar Majapahit.
Jadwal pelatihan/kursus pembuatan Cake Decoration ini diagendakan setiap akhir pecan didapur pastry (lantai 2) Kampus Akpar Majapahit. Karena saat itu perkulihan libur.
Materi pelatihan untuk masyarakat umum tidak jauh beda dengan Mahasiswa. Peserta selain dibekali dengan teori,juga berlanjut dengan praktik bersama. Bedanya kalau praktik Mahasiswa dibuat beberapa kelompok. Sedangkan untuk umum minim diikuti 4 orang peserta untuk bisa praktik Wedding Cake & Birthday Cake. Setiap peserta kursus diberikan tugas menyelesaikan 1 macam wedding Cake.
Dengan pengarahan dari Renny Savitri S.st.Par. Selaku dosen Pastry Akpar Majapahit dibantu dua asisten yakni Jiurike Alvionita Yaputra,Amd Par dan Buhori (Mahasiswa Perhotelan), peserta pelatihan itu mulai mempraktikkan materi yang diajarkan. Masing masing peserta Nampak antusias mengikuti arahan pengajar dan asistennya.. mereka juga saling kerjasama agar wedding Cake yang dihasilkan benar benar sempurna. Adapun bahan yang digunakan untuk menghias Cake kali ini adalah plastic icing dan hiasan bunga dan hiasan bunga dari gum paste.
proses demi proses menghias mulai dilakukan,mulai dari melapisi styrofom dengan plastic icing,membuat hiasan pita,menancapkan bunga gum paste sebagai pemanis (pernak perniknya dari royal icing), bunga plastic dan sepasang pengantin yang dibuat dari plastic icing.
Jiurike yang juga alumni Akpar Majapahit yang kini jadi asisten dalam pelatihan itu, menuturkan, untuk mengajar bagaimana cara membuat cake decoration (dua lapis) yang baik, pihaknya lebih dulu menyiapkan bahan dasarnya berupa styrofom bentuk bulat.
Bahan yang sudah jadi ini berdiameter 20cm (lapisan atas) dan diameter 22cm (untuk lapisan bawah). Pihaknya juga menyediakan plastic acing untuk mengcover styrofom yang berwarna putih. Masing masing peserta mempraktikkan cara mengcover styrofom.  
Peserta kursus Cake Decoratin juga diajarkan tehnik pewarnaan. Teknik ini untuk membuT Tmpilan cake semakin menarik dan eye catching.
Sedangkan teknik pengerolan dilakukan karena bahan plastic icing yang masih menggumpal kemudian diroll sampai tipis,baru kemudian di tempelkan ke styrofomnya.
Langkah selanjutnya adalah membuat dekorasi pada wedding cake atau Birthday Cake yang sebelumnya sudah direncanakan temanya. Peserta diajarkan begaimana membuat pasangan pengantin (dua calon mempelai) dari bahan plastic icing yang dibentuk sesuai tema.
Kalau temanya pernikahan maka hiasan cake bisa berupa rangkaian bunga plastic (non edible) dan pernak pernik seperti motif bunga yang bahannya dari royal icing.
Royal icing ini dibuat dari putih telur,gula halus,dan lemon jus. Sehingga aman untuk dikonsumsi (edible). Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tulisan diatas Cake,seperti Happy Wedding & Happy Birthday,dll.


Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.


“Sementara itu,untuk melekatkan antara lapisan bawah dengan lapisan atas dari Cake decoration tersebut,kami memanfaatkan margarine sebagai lem nya,cara ini cukup efektif sehingga lapisan bawah dan lapisan atasnya bisa merekat cukup kuat.” Terang Jiu,sapaan karib Jiurike Alvionita.
Seluruh pekerjaan ini mulai dari persiapan bahan sampai selesai menghias cake nya membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Akhirnya wedding cake yang dihiaspun mulai rampung. Tampak cantik,menarik,dan rapi wedding cake yang dibuat oleh 4 peserta kursus yang dihelat pada sabtu lalu. Bahkan Renny Savitri selaku pengajar tampak puas dengan hasil menghias wedding Cake yang dibuat oleh peserta pelatihan.
Selamat Berkarya J

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.

Komentar

  1. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    BalasHapus

Posting Komentar