Mudahnya Membuat Usus Ayam Dan Ikan Sintetis


Mudahnya Membuat Usus Ayam Dan Ikan Sintetis


 

Vegan merupakan sekelompok yang sama sekali tidak menyantap daging dan produk turunan hewan. Mereka hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian dan jamur-jamuran. Meskipun anti mengkonsumsi makan makanan yang  mengandung hewan, para vegan juga tak jarang makan hidangan yang rasanya seperti hidangan dari hewani yakni terbuat dari bahan sintetis.






Bahan sintetis ini seperti ayam, daging sapi, Seafood dan kerabatnya terbuat dari bahan non hewani. Selasa, 27 agustus 2019, Di kampus Akademi Pariwisata Majapahit,  mengenal dan membuat bahan hewani sintetis di kelas Culinology.
Edric dan William, kedua mahasiswa ini dikenalkan dua jenis daging sintetis yakni usus ayam dan ikan. Chef Nadia mengenalkan bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat kedua daging tersebut secara jelas. 







Dan uniknya, cara pembuatn usus ayam ini terbuat dari gluten tepung terigu. Gluten adalah protein yang hanya ada pada tepung terigu yang memiliki tekstur yang elastis. Karena elas tis inilah, gluten kerap dijadikan bahan pembuatan daging segar. William, kebagian membuat usus sintetis dan ia pun segera menguleni adonan seperti cara membuat adonan roti. Lalu adonan tersebut dicuci dengan air hingga antara gluten dan tepung terpisah. 






Kemudian ia melilitkan adonan gluten dengan sumpit hingga membentuk memanjang. Setelah itu, barulah direbus kedalam air mendidih hingga mengambang dan matang. dan usus sintetis pun bisa digunakan dan diolah.  







Selain itu, Chef Nadia pun turut membantu memberikan contoh cara membuat ikan sintetis yang berbahan dasar tahu dan kembang tahu. Kemudian ditambahkan dengan lembaran nori diluar bagian tahu sebagai kulit ikannya.  Dikukus selama 20 menit hingga matang. akan tetapi berbeda dengan usus sintetis tadi, ikan ini tidak bisa digunakan langsung melainkan harus didinginkan terlebih dahulu agar tekstur campuran tahu menjadi lebih padat.





Kedua bahan sintetis ini, usus ayam dan ikan, bisa diolah menjadi suatu hidangan yang lezat dan enak. Meskipun tanpa mengandung hewani sama sekali, kedua bahan sintetis ini tetap bisa terasa lezat dan pastinya lebih sehat. *Slv

Komentar