Lumpia Tampil Basah Tetap Enak Ternyata!


Lumpia Tampil Basah Tetap Enak Ternyata!




Siapa sih yang tidak tahu Lumpia? Jajanan Khas Semarang yang selalu tampil menggiurkan ini memang selalu jadi salah satu produk oleh-oleh siapa saja yang berkunjung kesana. Tampil krispi dan basah, rasanya sama-sama enak. Kulit inilah yang menjadi ciri Khas dari Lumpia, tipis namun tidak mudah robek.






Berbeda dengan lumpia versi Trestelle Manyar, kampus jurusan Kuliner Surabaya ini mempraktikkan Lumpia Basah. kulit Lumpia dibuat bertekstur lembut sehingga pengolahanya










Wortel, tauge, daging ayam, udang dan orak-arik telur, dijadikan bahan isian nya. Semua Mahasiswa Pastry di Semester keduanya, memotong wortel mejadi bentuk dadu dan merebusnya. Kemudian dimasak dengansisa bahan lainnya dengan cara ditumis dan berikan bumbu untuk menambah citarasanya.






Setelah isian usai, mereka berlanjut membuat kulit lumpia yang cara membuatnya seperti membuat risoles. Terlihat salah satu mahasiswa sedang membuat kulit lumpia dengan seriusnya. Ia menuangkan satu sendok sayur adonan kulit di atas wajan anti lengket, lalu menggerakkan gagang wajan hingga adonan rata. 





Hanya dalam waktu beberapa detik saja, kulit lumpia matang kemudian diletakkan di atas diloyang. Lalu ia menambahkan dua sendok isian yang sudah dingin tadi disatu sisi kulit dan melipatnya hingga rapih. 








Lumpia basah ini tidak hanya dinikmasti begitu saja, akan tetapi ditemani dengan saus Khasnya, saus tauco. Saus yang dibuat sendiri oleh mereka, para mahasiswa ini, mengeluarkan aroma yang sangat kuat saat proses pemasakkan berlangsung yang disebabkan bahan tauco nya sendiri. Meskipun menyengat dihidung, saus tauco sangat cocok menjadi cocolan Lumpia Basah.
Dan merekapun sungguh menikmatinya, hingga satu lumpia tidka cukup baginya. “enak ya Chef” kata Dea, mahasiswa Pastry Trestelle. *Slv

Komentar